Tuesday, October 18, 2016

Sejarah perkembangan politik indonesia

Pertama: institusional ideologis uyang di tandai dengan adanya ketetapan mpr yang menyatakan bahwa pembangunan nasional merupakan pemgamalan pancasila dan pancasila merupakan satu satunya azaz bagi sosial dan perkembangan kekuatan politik di indonesia.
Kedua: institusional konstitusi yang di tandai dengan adanya ketetapan mpr tentang referendum. Disamping tetap berlakunya ketetapan mpr no iii/mpr/1978 tentang tata kerja hubungan lembaga tinggi negara
Ketiga; institusioanal dinamika politik di tandai dengan ketentuan dalam tap mpr no ii/mpr/1983 demi kelestarian dan pengamalan pancasila. Partai golkar benar benar harus menjadi kekuatan sosial politik yang berazazkan pancasila
Sementara pada tahap keenam adalah di arahkan pada terwujudnya tatanan kehidupan politik berdasarkan demokrasi pancasila yang makin mampu menjaga berfungsinya lembaga politik dan lembaga kemasyarakatan .
Perkembangan politik makin meningkatkan kualitas pendidikan politik dan keteladanan dan kaderisasi politik memantapkan etika politik yang berdasarkan pancasila meningkatkan peran serat politik masyarakat berbangsa dan bernegara, pada tahap ke enam penataan lembaga di bidang politik menjadi fokus kajian starategisnya.
Perkembangan politik indoensia telah mengalami kemajuan terbukti untuk menjadi presiden hari ini telah di batasi hanya bisa berturut turut selama dua periode atau sekitar 10 tahun. Ini merupakan perkembangan politik yang luar biasa. Nah inilah yang selama orde baru undang undang untuk membatasi jabatan politik tidak ada terbukti, soeharto dengan kenderaan politiknya golkar mampu berkuasa 32 tahun dengan lima kali pemilu.
Perkembangan politik yang telah mengalami kemajuan adalah pengurangan jumlah anggota dpr ri dari fraksi abri. Sebelumnaya yang terjadi adalah soeharto memainkan manufer politiknya dengan cara memasukkan fraksi abri ke kursi empuk tampak pemilihan artinya ada banyak kursi yang di sediakan soeharto untuk abri tujuanya adalah untuk melangengkan kekuasaanya.

Perkembangan politik selanjutnya dapat kita lihat adalah dipilihnya kepala daerah secara langsung oleh rakyat. Walaupun masih banyak kekurangan ketika terjadinya konflik di bebrapa daerah. Namun yang jelas konflik di negara yang belajar demokrasi itu baiasa saja, yang jelas pilkada hampir sukses di seluruh indonesia.

0 comments: