Tuesday, October 18, 2016

Konsep perkembangan politik menurut lucian w. Pye

Perkembangan politik sebagai prasyarat bagi pembangunan ekonomi.
Ketika pertama perhatian di tujukan pada masalah masalah pada pertumbuhan ekonomi menjadi dinamins dan mengandung perkembangan tersendiri. Maka para ahli ekonomi mengatakan bahwa kondisi soaial politik dapat menekan peranan yang dapat menghambat ataupun mempelancar perkembangan politik dengan demikian dapat dikatakan bahwa perkembangan politik adalah merupakan keadaan politik masyarakat yang membantu jalanya pembangunan ekonomi.
Dari sudut pelaksanaan pandangan perkembangan politik yang demikian itu pada dasarnya bersifat negatif, karena ia akan banyak menunjukkan kepada kita keadaan sistem politik yang mneghambat atau menghalangi jalannya pembangunan ekonomi ketimbang memperlihatkan bagaimana prestasi sistem perkembangan politik mampu merangsang pertumbuhan ekonomi, sejarah telah membuktikan perkembangan perkembangan ekonomi bisa berlangsung di bawah berbagai sistem politik .
Keberatan terhadap pengertian perkembangan politik yang demikian semakin jelas selama satu dekade ini, dimana aspek penempatan pembangunan ekonomi banyak di negara miskin tampak semakin suram, yang jelas perkembangan ekonomi berjalan lambat sementara perkembangan politik berjalan dengan cepat.
Perkembangan politik sebagai tive politik masyarakat industri
Konsep umum tentang perkembangan politik, juga berhubungan erat dengan petimbangan pertimbangan ekonomi yaitu melibatkan pandangan yang abstarak tentang tive khusus dari dasar politik yang terdapat di tengah masyarakat indunstri dan perekonomian yang maju. Artinya adalah, sejalan ketika kehidupan ekonomi industri melahirkan salah satu tive kurang lebih kehidupan politik yang dapat di tiru oleh masyarakat manapun 
Perkembangan politik sebagai modernisasi politik
Pandangan bahwa perkembangan politik adalah merupakan kehidupan politik yang khas yang ideal dari masyarakat industri pada dasarnya berhubungan erat dengan asumsi yang mengatakan bahwa pembangunan politik di edentik dengan modernisasi politik.
Cita cita lainya seperti tuntutan dan hukum yang berlaku umum penghargaan atas setiap orang atas dasar pestasi kerja di bandingkan dengan hubungan darah dan pertalian keluarga. Ini menandakan perkembangan dan modernisasi politik yang mengalami taransisi perubahan dengan cepat..
Konsep konsep umum mengenai keadilan dan kewarganegaraan sekrang nampaknya mendapat penghargaan yang cukup tinggi dalam setiap kebudayaan, oleh kerena itu cukup beralasan sebagai ukuran umum kehidupan politik moderen.
Perkembangan politik sebagai operasi negara bangsa
Dalam sudut pandang diasumsikan bahwa secara historis terdapat berbagai jenis sistem politik dan setiap kelompok memiliki corak politiknya masing masing, tetapi dengan lahirnya negara bangsa yang moderen. Timbullah serangkaian kegiatan mengenai kehidupan poliitik.
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa perkembangan politik merupakan proses melalui mana suatu masyarakat yang merupakan negara bangsa dalam bentuk dan berdasarkan berdasarkan pengakuan internasioanal menjadi negara bangsa .
Perkembangan politik juga di tandai dengan pembentukan serangkaian lembaga lembaga politik tertentu yang merupakan sarana dan prasarana penting bagi negara suatu bangsa. Pencetusan secara tertib semua gejala gejala nasionalisme kedalam tatanan kehidupan politik. Sehinga dapat di katakan bahwa perkembangan politik merupakan perkembangan politik kebangsaan yang di jalankan dalam rangka lembaga lembaga ke negaraan.
Perkembangan politik sebagai pembagunan administrasi negara
Sesunguhnya konsep perkembangan politik sebagai pembinaan organisasi yang memiliki sejarah pertumbuhan yang amat panjang dan menekankan kebenaran filsafah. Realisasi hukum dan peraturan yang demikian disebut sebagai struktur birokrasi dan pembangunan administrasi negara. Dan sepanjang kolonial konsep perkembangan politik berkaitan erat dengan pengenalan lembaga lembaga administrasi.


0 comments: