Studi mengenai efektivitas bertolak dari
variabel-variabel artinya konsep yang mempunyai variasi nilai, dimana
nilai-nilai tersebut merupakan ukuran daripada efektivitas. Menurut Sudarwan
Danim dalam bukunya Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok yang
menyebutkan beberapa variabelyang mempengaruhi efektivitas, yaitu:
1. Variabel bebas (independent variable)
Yaitu variabel pengelola yang mempengaruhi variabel
terikat yang sifatnya given dan adapun bentuknya, sebagai berikut:
a. Struktur yaitu tentang ukuran;
b. Tugas yaitu tugas dan tingkat kesulitan;
c. Lingkungan yaitu keadaan fisik baik organisasi,
tempat kerja maupun lainnya;
d. Pemenuhan kebutuhan yaitu kebutuhan fisik
organisasi, kebutuhan di tempat kerja dan lain-lain.
2. Variabel terikat (dependent variable)
Yaitu variabel yang dapat dipengaruhi atau dapat
diikat oleh variabel lain dan berikut adalah contoh dari variabel terikat,
yaitu:
a. Kecepatan dan tingkat kesalahan pengertian;
b. Hasil umum yang dapat dicapai pada kurun waktu
tertentu.
3. Variabel perantara (interdependent variable)
Yaitu variabel yang ditentukan oleh suatu proses
individu atau organisasi yang turut menentukan efek variabel bebas. (Danim,
2004:121-122).
Berdasarkan pendapat di atas, bahwa terdapat tiga
variabel yang mempengaruhi efektivitas, yaitu pengelola (variabel bebas),
variabel terikat dan variabel perantara. Struktur, tingkat kesulitan dan
kebutuhan fisik organisasi mempengaruhi hasil umum yang dicapai dengan
dipengaruhi juga oleh suatu proses individu atau organisasi yang ikut
menentukan efek variabel bebas. Variabel bebas dan variabel perantara secara
bersamaan mempengaruhi kecepatan atau tujuan yang hendak dicapai.
Sejalan dengan pendapat tersebut di atas, berkenaan
dengan efektivitas pelayanan, Gibson, et.al (1996 : 30), menyebutkan bahwa
“masing-masing tingkat efektivitas dapat dipandang sebagai suatu sebab variabel
oleh variabel lain (ini berarti sebab efektivitas)”.
Berdasarkan pernyataan di atas, bahwa tingkat
efektivitas merupakan suatu sebab variabel berpengaruh terhadap variabel lain.
Adanya suatu variabel yangmempengaruhi variabel lain menjadi sebab variabel
yang terikat dapat berjalan efektif. Berdasar pada penjelasan tersebut, maka
terlihat adanya faktor-faktor yang mengindikasi suatu variabel agar berjalan
efektif.
Efektivitas dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.
Faktorfaktor yang mempengaruhi tersebut diantaranya adalah faktor internal
maupun faktor eksternal suatu organisasi. Ronald 0’ Reffly mengemukakan
faktorfaktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan adalah sebagai berikut:
1. Rancangan Tugas
2. Komposisi
3. Konteks
4. Proses (2003 : 119),
Pendapat di atas menyebutkan bahwa faktor-faktor
yang mempengaruhi efektivitas pelayanan diantaranya adalah Rancangan Tugas,
Komposisi, Konteks, dan Proses. Pertama mengenai Rancangan Tugas, bahwa tim-tim
kerja akan dapat berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan apabila
memiliki kebebasan, kesempatan untuk memanfaatkan keterampilan-keterampilan dan
bakat-bakat yang berbeda-beda, kemampuan untuk menyelesaikan tugas atau produk
secara menyeluruh dan sebuah tugas atau proyek yang memiliki dampak yang
substansial terhadap pihak-pihak lain. Kedua mengenai Komposisi, bahwa kategori
ini meliputi variabel-variabel yang berkaitan dengan bagaimana karakter dan tim
kerja. Bagaimana kemampuan dan kepribadian dan para anggota tim kerja, ukuran
tim kerja, fleksibilitas tim kerja dan preferensi para anggota untuk bekerja
secara tim. Ketiga mengenai Konteks, yaitu bahwa tiga faktor konseptual yang
signifikan berkaitan dengan kinerja tim adalah kehadiransumberdaya yang
mencukupi, adanya kepemimpinan yang efektif dan sebuah evaluasi kinerja dan
sistem imbalan yang menghargai sumbangan dan tim kerja. Kategori yang terakhir
berkaitan dengan efektivitas adalah variabel proses. Variabel proses meliputi
komitmen anggota terhadap sebuah tujuan bersama, penetapan tujuan ketetapan
waktu dan yang terakhir adalah kelengkapan. Apabila keempat hal tersebut telah
dilaksanakan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh organisasi, maka
kualitas yang akan dicapai terpenuhi sesuai dengan apa yang diinginkan oleh
organisasi.
Amsyah menyebutkan indikator efektivitas pelayanan
sistem informasi sebagai berikut:
1. Volume pekerjaan
Volume pekerjaan pengolahan data semakin banyak dan
meluas;
2. Akurasi
Informasi harus mencerminkan keadaan yang
sebenarnya;
3. Informasi tepat waktu
Informasi itu harus tersedia atau ada pada saat
informasi tersebul diperlukan;
4. Biaya.
Peningkatan biaya personel dan bahan baku pemakaian
komputer adalah sama dengan pada operasional pengolahan data nonkomputer.
(Amsyah, 2005:131)
Indikator efektivitas tersebut di atas terdiri dari
faktor-faktor sebagai berikutt:
a. Volume pekerjaan
Volume pekerjaan pengolahan data semakin banyak dan
meluas, sedangkan kapasitas pengolahan di banyak organisasi masih terbatas,
karena:
1.
Organisasi
berkembang menjadi lebih besar, baik dalam ukuran, kerumitan, maupun lingkungan multinasionalnya
2.
Peningkatan hubungan jaringan kegiatan
memerlukan dukungan data dan informasi dari unit, antarunit, antar pusat dan
cabang, antar organisasi-organisasi dalam satu grup, atau antar organisasi
dengan dengan pemerintahan.
3.
Peningkatan keperluan akan sumber daya
manusia yang professional dalam menangani fungsi dan tugas masing-masing, dan
dapat pula mengatur sistem informasi yang mendukung kegiatan pokok unit atau
subunit bersangkutan.
b.
Akurasi
Sering kali alat
pengolah data digunakan jauh melebihi kapasitas kemampuannya, sehingga hasilnya
menjadi tidak akurat dan pengawasan serta pemeliharaan alat menjadi kurang
diperhatikan. Pengolahan dengan komputer pasti akan sangat akurat hasilnya,
bila kegiatan tersebut sudah disiapkan sebaik mungkin.
c. Informasi
tepat waktu
Informasi yang
bernilai tinggi adalah bila dihasilkan tepat waktu. Pelaksanaan kerja dan
proses pelayanan sangat memerlukan informasi dalam waktu yang tepat.
d. Biaya
Peningkatan
biaya personel dan bahan baku pemakaian komputer adalah sama dengan pada
operasional pengolahan data nonkomputer. Hal tersebut menyebabkan suatu
organisasi lebih memilih penggunaan komputer.
0 comments:
Post a Comment