Wednesday, November 30, 2016

ISLAM DITINJAU DARI ASPEK PENDIDIKAN

1)     Umum

Untuk mewujudkan manusia yang mampu mengamalkan ajaran agamanya sangat diperlukan pendidikan agama karena pendidikan agama mempunyai tujuan membentuk manusia bertaqwa kepada Allah SWT. Pendidikan sangat penting karena ikut menentukan corak dan bentuk amal dan kehidupan manusia baik pribadi maupun masyarakat.
2)  Keutamaan mencari ilmu dan keutamaan orang yang berilmu

Islam sanga mementingkan    keutamaa mencar ilm dan keutmaan orang yang berilmu, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits sebagai berikut :

a Quran Surat At-Taubah : 122
Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang).  Mengapa  tidak pergi dari tiap-tiap golongadi antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatakepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.


  b Quran Surat An-Nahl : 43
Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang  Kami  berwahyu  kepada  mereka;  maka  bertanyalah  kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.

3)     Dasar Pendidikan Islam a. Al-Qur’an
Al-qur’an adalah firman Allah berupa wahyu yang disampaikan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad  SAW. Di dalamnya terkandung ajara poko sanga pentin yang   dapa dikembangka untuk keperluan seluruh aspek kehidupan melalui ijtihad. Ajaran yang terkandung  dalam  Al-qur’an  itu  terdiri dari dua prinsip  besar,  yaitu yang berhubungan dengan masalah keimanan yang disebut aqidah, dan yang berhubungan dengan amal disebut dengan syariah.
b.As-Sunnah

Assunah adalah perkataan, perbuatan ataupun pengakuan Rasulullah SAW. Yang dimaksud dengan pengakuan adalah kejadian atau perbuatan orang lain yang diketahui Rasulullah dan beliau membiarkan  saja  kejadian  atau  perbuatan  ituSunnah  merupakan ajaran  kedua  setelah  Al-qur’an.  Sunnah  berispetunjuk  (pedoman) untuk kemaslahatan hidup manusia dalam segala aspeknya, untuk membin umat   menjadi   manusia   seutuhny ata musli yang bertaqwa. Untuk itu Rasulullah menjadi guru dan pendidik utama bagi umatnya.
c Ijtihad

Ijtihad  adalah  mengeluarkan  segala  tenaga  dan  kemampuan untuk mendapatkan kesimpulan hukum dari Al-Qur’an dan As-Sunah.

0 comments: